Referensi Berkendara Anda

Tuesday, January 26, 2016

Analisa Bunyi Dengung Sekitar Ban

11:47 AM

Bearing roda terdapat dibalik roda
       Bunyi pada kendaraan tentu membuat pengendara merasa tidak nyaman. Entah mungkin dari bunyi-bunyi yang aneh maupun was-was jikalau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan akibat bunyi yang timbul tersebut. Dan bahkan sebagian pengendara merasa takut jika bunyi tersebut dapat merusak komponen-komponen yang lain dan membuat komponen bisa lepas saat dibawa jalan.

Nah, untuk kesempatan ini Ropat akan membahas mengenai bunyi yang timbul di sekitar ban kondisi kendaraan jalan.

Bunyi tersebut timbul hanya saat kendaraan jalan dan dominan di sekitar roda ?

Analisa pertama dari ban itu sendiri yaitu kemungkinan dari permukaan ban yang tidak rata. 
Ada beberapa kondisi permukaan ban yang tidak rata seperti sudah aus, permukaan gelombang akibat tekanan angin ban sering kurang, dan yang paling parah adalah ban benjol (oval). Kondisi diatas sebenarnya dapat diatasi secara dini dengan cara melakukan perawatan berkala spooring dan balancing. Balancing merupakan cara menyeimbangkan putaran roda dengan melakukan penyetelan (pemberian besi balancing) pada velg kendaraan. Sedangkan spooring,cara menyelaraskan laju semua roda dengan cara penyetelan toe maupun camber roda sehingga roda dapat melaju dengan kondisi steer lurus.

Analisa kedua yaitu kemungkinan dari bearing roda istilah bengkelnya laher roda.
Kondisi ini sangat sering terjadi karena bearing roda digunakan sebagai tumpuan saat roda berputar. Pengecekannya sangat mudah, jika analisa pertama ditemukan kondisi ban bagus semua maka tinggal mengarah ke bearing roda tersebut. Beberapa kasus ditemukan bahwa bearing bunyi karena efek dari penggantian velg modif dengan ban tapak lebar. Dan bunyi tersebut muncul saat kondisi jalan dengan kecepatan diatas 80 km/jam dan timbul suara "ngung-ngung".

Baca juga : Karet Wiper Mudah Rusak (Penting Musim Hujan)

Written by

Kami selalu berusaha untuk mengingatkan para pengemudi agar selalu mematuhi rambu lalu-lintas sehingga semua oranng dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara

2 comments:

RoPat

 

© 2015 RoPat. Referensi berkendara Anda. Designed and optimated by endlo

Back To Top