Referensi Berkendara Anda

Thursday, October 6, 2016

Analisa Bunyi Di Sekitar Engine Room (Krek-Krek Starter)

4:50 PM

Motor starter Assy
         Bunyi pada mobil membuat penggunaan merasa tidak nyaman bahkan was-was jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Bunyi pada mobil juga bisa sebagai indikator bahwa ada komponen mobil Anda yang mengalami kerusakan. Untuk tingkat kerusakan itu sendiri juga bisa dirasakan dari getaran efek dari bunyi tersebut. Apabila bunyi yang ditimbulkan masih dalam kondisi kadang-kadang dan bunyinya masih samar, maka tingkat kerusakan komponen masih rendah. Apabila bunyi yang dihasilkan keras dan getaran sudah mulai kencang maka tingkat kerusakan komponen pada tingkat yang harus dilakukan penggantian ataupun perbaikan pada komponen tersebut.

Letak motor starter pada mobil tergantung konstruksi mobil
         Pada artikel berikut kita akan membahas mengenai analisa bunyi di sekitar Engine Room. Dan kali ini, kita akan membahas mengenai bunyi yang ditimbulkan pada motor starter yang mulai rusak. Untuk motor starter sendiri sangat jarang terjadi kerusakan, jikalau rusak pasti karena faktor umur pemakaian. Nah, bunyi yang sering terjadi pada motor starter yaitu krek-krek dikarenakan planetary gear yang memutar sun gear tidak ada pelumasan sehingga terjadi gaya gesek yang berlebihan saat starter bekerja.

          Solusi untuk kondisi tersebut yaitu perlu dilakukan pembongkaran komponen motor starter dan melakukan pengecekan pada kondisi mata gear. Jikalau mata gear masih bagus maka dapat dilakukan perbaikan dengan cara memberi pelumas. Pelumas yang digunakan untuk komponen gear adalah grease atau sering orang bilang gemuk. Setelah diberi grease maka cek ulang kerja motor starter. Bunyi sudah tidak timbul dan lakukan juga pengecekan sistem Pull in coil dan Hold in coil-nya. Jika sudah bagus semua, tinggal pasang kembali pada mobil dan bunyipun dapat dipastikan hilang. Kendaraan Anda normal kembali dan hati sudah tidak was-was lagi.

                                           Baca juga  :   Analisa Bunyi Seperti Jangkrik Pada Mobil                                 

      Saran dari ROPAT, selalu lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui secara dini tingkat kerusakan komponen mobil Anda. Go Safety First for all guys

Written by

Kami selalu berusaha untuk mengingatkan para pengemudi agar selalu mematuhi rambu lalu-lintas sehingga semua oranng dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara

0 comments:

Post a Comment

RoPat

 

© 2015 RoPat. Referensi berkendara Anda. Designed and optimated by endlo

Back To Top