Referensi Berkendara Anda

Monday, April 18, 2016

Obat Mujarab Fenomena Ngelitik

8:14 AM

Penanganan dan Penyembuhan Ngelitik

       Fenomena ngelitik mungkin Anda sudah sering mendengarnya, ataupun sudah pernah mengalami pada kendaraan Anda. Tindakan apa saja yang sudah dilakukan selama ini? Sudah sembuhkan penyakit ngelitik kendaraan Anda? Atau sempat sembuh tapi kambuh lagi? Apa malah sudah tidak ambil pikir mengenai ngelitik?

       Apa sih sebenarnya ngelitik itu?
     Ngelitik merupakan sebuah fenomena yang terjadi ketika kerak di ruang bakar membara akibat tekanan kompresi sehingga kerak tersebut membakar campuran bahan bakar minyak (BBM) dan udara sebelum langkah kompresi berakhir. Efek yang ditimbulkan dan sering dikeluhkan oleh pengendara adalah tarikan berat dan bunyi krek-krek saat akselerasi. Tarikan berat terjadi saat akselerasi dan tenaga mengalami lose power karena pembakaran terjadi sebelum waktunya. Sedangkan bunyi krek-krek merupakan efek benturan kerak dengan dinding ruang bakar.

       Nah sekarang, apa sih sebenarnya obat mujarab ngelitik?
       Berikut kami sampaikan langkah-langkah ampuhnya: 
1. Check semua sensor (seperti MAF sensor, Intake Valve sensor, Knock sensor, dll) dan aktuator (seperti coil, busi, injektor, dll) dalam kondisi OK.
2. Check kondisi BBM yang Anda gunakan apakah sesuai dengan RON anjuran pabrikan. Jika perlu lakukan pembersihan tangki BBM dan ganti dengan RON anjuran pabrikan.
3. Bersihkan Ruang Bakar, Intake Manifold, Injector dan Throttle Valve. 
Pembersihan Intake Manifold
4. Bersihkan Saluran beserta EGR-nya (Exhaust Gas Recyrculation) yaitu gas buang yang dimasukkan ke ruang bakar untuk dibakar lagi. Karena gas buang masih terdapat gas yang masih bisa dimanfaatkan agar efisiensi BBM dapat dipenuhi.
Pembersihan EGR

5. Standarkan timing pegapian sesuai standar.

Note: Langkah no. 1 - 3 : Ngelitik hilang tetapi sekitar 6 bulan atau 10.000 km akan kambuh.
          Semua langkah dilakukan maka ngelitik tidak akan muncul lagi.
          Anjuran untuk dilakukan pembersihan lagi setiap 2 tahun atau 40.000 km.

Proses pembersihan akan kami jelaskan pada artikel selanjutnya, tunggu kelanjutannya.

Written by

Kami selalu berusaha untuk mengingatkan para pengemudi agar selalu mematuhi rambu lalu-lintas sehingga semua oranng dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara

0 comments:

Post a Comment

RoPat

 

© 2015 RoPat. Referensi berkendara Anda. Designed and optimated by endlo

Back To Top