![]() |
kerak jenuh pada EGR |
Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengaruh ngelitik pada teknologi EGR. EGR merupakan kepanjangan dari Exhaust Gas Recirculation yaitu merupakan sebuah terobosan pada dunia otomotif khususnya mengenai efisiensi bahan bakar. Sistem kerja dari EGR itu sendiri adalah memanfatkan hasil gas sisa pembakaran untuk diolah lagi pada ruang bakar. Terdapat saluran EGR yaitu penghubung antara saluran buang atau exhaust ke bagian intake mesin. Pada bagian saluran EGR yang ke exhaust terdapat katup EGR (lihat gambar). Katup tersebut berfungsi buka tutup saluran EGR sesuai koreksi pembakaran yang diolah oleh ECU mesin. Sehingga sebagian kotoran yang tercampur pada gas sisa pembakaran akan masuk ke ruang bakar dan dapat menyebabkan ruang bakar cepat kotor dan jika dibiarkan maka lama kelamaan kotoran tersebut akan menggumpal dan menjadi kerak jenuh pada saluran dan katup EGR. Oleh karena itu, beberapa bengkel menganjurkan untuk melakukan OH agar kerak tersebut dapat dibersihkan secara maksimal.
Baca juga : Obat Mujarab Fenomena Ngelitik
Namun beberapa waktu terakhir, muncul cairan khusus pembersih kerak yang orang sering bilang engine cleaner. Pemakaiannya cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan cairan tersebut ke ruang bakar dan tunggu sekitar 30 menit. Kemudian keluarkan cairan tersebut yg sudah bercampur rontokan kerak mesin.
0 comments:
Post a Comment