Referensi Berkendara Anda

Friday, October 7, 2016

Cara Menganalisa Bunyi-Bunyi Pada Kendaraan

4:50 PM

       Bunyi-bunyi pada kendaraan mungkin membuat tingkat kenyamanan Anda berkurang. Itu terjadi jika sumber bunyi pada bagian kaki-kaki kendaraan. Beda halnya dengan bunyi pada bagian sekitar mesin. Bukan kenyamanan lagi yang mungkin kita perhatikan, melainkan kewaspadaan. Waspada dan was-was jikalau terjadi hal tidak kita inginkan seperti kendaraan jadi hunting atau bahkan mogok.
Tempelkan telinga Anda pada ibu jari dan dengarkan bunyinya
       Hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan adalah selalu lakukan pemeriksaan secara berkala pada bengkel agar segala masalah dan seberapa tingkat kerusakan yang terjadi pada sparepart kendaraan dapat diinformasikan sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan. Antisipasi yang tepat tersebut sering diabaikan karena biaya servis kendaraan menjadi faktor utama untuk melakukan servis di bengkel.
Nah sebagai pemilik kendaraan,  Anda bisa melakukan diagnosa sendiri sumber bunyi yang menjadi masalah. Hal yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut :
  • Pertama yang perlu Anda lakukan yaitu gunakan obeng panjang dengan ujung pangkal terbuat dari besi. Fungsi obeng tersebut adalah sebagai teleskop atau pendeteksi bunyi untuk mengetahui sumber bunyinya.
  • Kedua yaitu fokuskan sumber bunyi pada suatu area sehingga sumber bunyi dapat dianalisa dengan tepat.
  • Ketiga yaitu tempelkan  ujung obeng pada sparepart yang menurut Anda sebagai sumber bunyi.
  • Lakukan selanjutnya berulang hingga ditemukan sumber bunyi yang paling sesuai dengan keluhan awal.
        Beberapa langkah diatas dapat Anda praktekkan namun jika dirasa kurang yakin dengan analisa sendiri maka lebih baik lakukan analisa di bengkel terdekat dan segera lakukan penggantian sparepart yang rusak. Untuk sekedar informasi, melakukan pekerjaan analisa pada beberapa bengkel dapat dikenakan biaya jasa pengecekan. Dan jika Anda juga melakukan penggantian maka Anda juga akan dikenakan biaya penggantian. Nah betul, Anda harus membayar kedua biaya tersebut, jasa pengecekan atau analisa dan jasa penggantian sparepart.

Baca juga : Analisa Bunyi Seperti Jangkrik Pada Mobil Anda
                   Analisa Bunyi Di Sekitar Engine Room

       Pesan dari kami Ropat, biaya berapapun kalau menyangkut keamanan dan keamanan berkendara kita pasti lebih utama. Berdoalah sebelum beraktifitas dan salam Go Safety Reading.

Written by

Kami selalu berusaha untuk mengingatkan para pengemudi agar selalu mematuhi rambu lalu-lintas sehingga semua oranng dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara

0 comments:

Post a Comment

RoPat

 

© 2015 RoPat. Referensi berkendara Anda. Designed and optimated by endlo

Back To Top