Referensi Berkendara Anda

Saturday, December 3, 2016

Analisa bunyi di sekitar pedal kopling

5:36 PM

       Pedal merupakan pijakan kaki yang berfungsi memberikan momen tekanan agar lebih ringan. Pedal banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Pedal sangat berperan penting karena dapat memperingan pekerjaan kita. Pemanfaatan pedal pada kendaraan kita yaitu pedal gas, pedal rem, dan pedal kopling. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai pedal kopling.
Posisi pedal kopling diinjak

Apa sih yang dimaksud pedal kopling ?
       Pedal kopling merupakan tuas pengungkit yang dimanfaatkan untuk menggerakan release bearing yang menekan pegas diafragma pada plat kopling. Teknologi terkini yang diterapkan pada mobil penumpang adalah dengan sistem hidrolik. Sistem hidrolik tersebut memanfaatkan minyak rem sebagai cairan fluidanya sehingga daya tekan kaki akan lebih ringan.

Mengapa pedal kopling bisa bunyi ?
       Pada pedal kopling terdapat mekanisme pengungkit. Di dalam tuas pengungkit pasti terdapat pegas pembalik agar kembali ke posisi awal. Bagian pegas inilah yang menimbulkan bunyi (krut-krut atau nyit-nyit). Sebenarnya pada bagian tengah pegas terdapat plastik isolator yang fungsinya sebagai peredam gesekan pegas dengan poros tuas. Seringkali ditemukan kasus bahwa isolator tersebut robek dan bahkan ada yang sampai pecah. Sehingga ketika pedal diinjak maka pegas pembalik akan bekerja dan akan timbul  gesekan pada bagian tengah pegas dengan isolator. Jika isolator pecah maka akan menimbulkan bunyi tidak normal. Selain itu bunyi juga akan timbul karena grease pada bagian yang bergesekan sudah kering.

Dan bagaimana memperbaiki atau menghilangkan bunyi pada pedal kopling tersebut ?
       Cara menghilangkan bunyi tersebut jika karena grease-nya kering maka hanya dengan memberi pelumas pada bagian yang bergesekan. Anjuran dari RoPat, gunakan pelumas WD40 dengan cara menyemprotkan cairan pelumas tersebut pada sumber gesekan.
       Cara yang kedua untuk menghilangkan bunyi adalah dengan mengganti plastik isolator. Disarankan menggunakan selang berdiameter kecil dan potong selang sekitar 3 cm. Masukkan selang pada besi pegas dan posisikan pada tengah pegas. Kemudian jangan lupa memberi pelumas pada selang tersebut jika tidak maka akan timbul bunyi (krut-krut).

Baca juga : Analisa Bunyi Di Sekitar Engine Room

                   Filter Ac Pada Datsun Go Panca Dan Go

       Nah, beberapa penjelasan beserta cara mengatasi bunyi-bunyi pada pedal kopling. Keluhan tersebut sering terjadi mengingat usia mobil dan intensitas pemakaiannya juga. Saran dari RoPat, selalu utamakan keselamatan berkendara dan jangan lupa berdoa sebelum berkendara.

Written by

Kami selalu berusaha untuk mengingatkan para pengemudi agar selalu mematuhi rambu lalu-lintas sehingga semua oranng dapat merasakan kenyamanan dalam berkendara

0 comments:

Post a Comment

RoPat

 

© 2015 RoPat. Referensi berkendara Anda. Designed and optimated by endlo

Back To Top